Perpsepsi Kualitas Produk
2.2.4.1 Pengertian
Kualitas Produk
Persepsi terhadap
kualitas keseluruhan dari suatu produk atau jasa dapat menentukan nilai dari
produk atau jasa tersebut dan berpengaruh secara langsung kepada keputusan
pembelian konsumen dan loyalitas mereka terhadap merek (Durianto,2011).Dalam
Proses keputusan pembelian sebelum menentukan untuk melakukan tindakan
pembelian suatu produk, konsumen tentu saja memiliki persepsi kualitas terhadap
produk.Menurut Simamora dalam Pane dan Rini (2013)
Tjiptono
(2012)
menyatakan bahwa persepsi kualitas adalah penilaian konsumen terhadapkeunggulan
keseluruhan suatu produk atau jasa layanan ditinjau dari fungsinya secara
relatifdengan produk – produk lain. persepsi akan berhubungan dengan perilaku
seseorang dalammengambil keputusan terhadap apa yang dikehendaki. Salah satu
cara untuk mengetahui perilakukonsumen adalah dengan menganalisis persepsi
konsumen terhadap produk. Dengan persepsikonsumen kita dapat mengetahui hal–hal
apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan,kesempatan ataupun ancaman bagi
produk kita.
2.2.4.2 Indikator
Persepsi Kualitas Produk
Dee Knight & Eun
Young Kim (2006) dalam Hasanah (2010) indikator dari persepsi kualitas produk
adalah sebagai berikut :
a. Berkualitas tinggi
Seperti desain yang inovatif, varians jenis
warna yang bermacam-macam, penampilan yang bagus atau menarik.
b.Tahan lama
Seperti performa mesin yang baik atau tidak
mudah rusak
c. Memiliki reputasi baik
Seperti memiliki nilai jual kembali tinggi,
memiliki keawetan atau ketahanan mesin yang baik
d. Merek bergensi
Seperti smartphone android merek Samsung
termasuk merek handphone yang bergensi di kelasnya.
Perpsepsi Kualitas Produk
4/
5
Oleh
fuadi