Laporan
Kegiatan Berpikir Kritis Kreatif
“LUMAMI”
(Lulur
Makser Alami)
Diusulkan
Oleh:
Veny
Melati Verdiana 041511233144
Ines
Rotua 041511233180
Muhammad
Romadlon 041511233152
Jessica
Gotami S 041511233162
Astry
Lusiana Ginting 041511233174
Lisa
Handayani 041511233154
UNIVERSITAS
AIRLANGGA
SURABAYA
2015
Bahan
Utama LUMAMI
Buah pisang
mengandung vitamin B, B6, C, magnesium, kalsium, fosfor dan besi. Buang pisang
dipercaya mampu mengeringkan jerawat, mencerahkan, mengontrol minyak diwajah
dan menghilangkan jerawat (Dr.Ir.Sobir-Pusat Kajian Buah-buahan Tropika
IPB)
. Manfaat
wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat
pendukung lainnya, yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar.
Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Tomat kaya akan
vitamin C yang mampu mencerahkan kulit wajah. Gabungan keduanya dapat
mengontrol minyak berlebih pada wajah. (Dr.Ir.Sobir-Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB)
Buah strawberry kaya akan
anthocyanin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh,yang mana dapat
berperan sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Buah ini
juga mengandung vitamin C yang mampu mencerahkan kulit. Buah wortel dan tomat
(Garcia Liana,2009).
Ampas air beras mengandung zat oryzanol yang
memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultraviolet, sehingga sangat baik
untuk kesehatan kulit, selain itu ampas
beras juga dapat mencerahkan wajah (Yayuk Puspita,ITB).
Gambaran Usaha
1.
Gambaran Usaha
Usaha pengolahan ampas jus dan ampas beras menjadi lulur
serta pengemasan yang dilakukan berguna untuk meningkatkan nilai guna dari
bahan tersebut. Usaha ini
ditekankan padapeningkatan nilai tambah dan diversifikasi produk olahan berupa lulur “lumami” yang menawarkan perawatan
wajah alami tanpa bahan kimia.Produsen sendiri akan melakukan pengemasan dan
pemasaranproduk.
2. Gambaran Produk Usaha
Yang kami kembangkan dari
ampas jus dan ampas beras adalah sebuah
produk perawaran kecantikan yang menitik beratkan pada bahan alami sehingga
aman digunakan serta kaya manfaat. Keunggulan produk kami dibandingkan
dengan lulur yang biasa adalah pada segi kesehatan dan keramahan lingkungan.
Kami menawarkan alternatif konsumsi produk kecantikan yang dapat merawat wajah
secara alami dan tanpa efek samping berbahaya. Produk kami juga ramah
lingkungan karena akan mengurangi pemakaian “micro breads” yang biasa digunakan
produk sejenis, karena benda itu dapat mencemari air laut.
Perencanaan Pemasaran
STP (Segmentation,
targetting & Positioning)
1. Segmentasi
Pasar/mapping market kelompok kami membedakan
pangsa pasar menjadi 3 segmen.
a.Segmen Pertama merupakan remaja wanita maupun
pria yang peduli akan kesehatan kulit dan lingkungan.
b. Segmen Kedua, yaitu ibu usia 30-40 tahun yang
ketergantungan produk kimia berbahaya dan ingin menyehatkan kulitnya dengan
bahan alami.
c. Segmen Ketiga, termasuk di dalamnya adalah
masyarakat ekonomi menengah ke atas dan pria dewasa yang peduli dengan
kesehatan kulit.
2. Targetting
Target utama dari pemasaran LUMAMI adalah
segmenpertama dan segmen kedua. Kedua segmen ini dipilih karena memiliki daya
beli yang tinggi terhadap produk kecantikan. Hal ini didasarkan oleh fakta
bahwa segmen utama dankedua memiliki ukuran
pasar yang besar dan perkiraan bahwa kelompok pertama dan kedua memiliki
kebutuhan atas manfaat dari produk LUMAMI kami.
3. Positioning
Dalam melakukan pemasaran, kami mencoba
membangun image
LUMAMI adalah perawatan kecantikan yang menggunakan bahan alami yang bermanfaat
bagi kulit dan aman digunakan.
Perencanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
1.Product
Varian Produk
Strawberry Milk (kulit kering-normal)
Manfaat :
-mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah
-melembabkan serta mengatasi iritasi pada
wajah
-mencegah flek diwajah
-menyamarkan bekas jerawat
-mengencangkan wajah
Banana Shake (kulit kombinasi kering dan
berminyak daerah T)
Manfaat:
-mengontrol minyak pada wajah
-mencerahkan wajah
-melembabkan wajah
-mengatasi jerawat
-mengurangi komedo pada wajah
-menyamarkan bekas jerawat
Tomato Carrot (kulit berminyak)
Manfaat:
-mengontrol minyak diwajah
-mengatasi jerawat
-meredakan sensitif pada kulit
-menyamarkan bekas jerawat
-mengurangi komedo diwajah
-mencerahkan wajah
Kemasan
LUMAMI hadir dalam satu ukuran, bentuk dan harga. Kemasan terbuat dari
kain blacu yang telah dibentuk menjadi pouch dan di beri label produk, kami
menggunakan bahan tersebut dengan mengutamakan konsep produk kami yang ramah
lingkungan.
Logo
Nama Produk
Kami memberi nama produk kami LUMAMI yaitu
Lulur Masker Alami.
Price
Dalam pemasaran LUMAMI tidak diberlakukan diferensiasi
harga. Strategi ini dipilih untuk membuat produk ini terjangkau oleh semua
segmen serta untuk memaksimalkan margin laba yangdidapatkan. Masing-masing
varian tersebut akan dipatok dengan harga sebesar Rp 50.000,00
Komponen Biaya
No
|
Jenis
Pengeluaran
|
Biaya
(Rp)
|
1
|
Biaya tetap
|
Rp 25.000,00
|
2
|
Bahan variabel per unit
|
Rp 20.200,00
|
3
|
Perjalanan
|
Rp 40.000,00
|
4
|
Lain-lain: administrasi, promosi,
dokumentasi
|
Rp 45.000,00
|
Discount
Untuk pelanggan yang membeli dengan
menyertakan bukti telah mengikuti (follow) social media kami (instagram
@lulur_lumami) diberlakukan discount 5% untuk pembelian pertama.
Dan untuk yang berminat menjadi reseller
kami berikan discount sebanyak 10% minimal pemesanan 10pack setiap ordernya.
Place
Wilayah pemasaran produk LUMAMI saat ini utamanya adalah kota Surabaya dan
target lainnya adalah kota-kota di pulau Jawa-Bali.
Untuk mendukung strategi pemasaran yang
ditetapkan, LUMAMI akan didistribusikan ke beberapa tempat strategis yang mewakili semua segmen yang ada, antara lain:
·
Untuk menjangkau segmen pertama, LUMAMI
akan memasarkan lewat social media (karena bagi produsen cara ini dinilai ampuh
dikarenakan social media merupakan tempat para remaja menghabiskan waktunya)
selain social media kami juga akan mengikuti bazaar para pemuda-pemudi di
Surabaya untuk mengenalkan produk kami.
·
Untuk menjangkau
segmen kedua, LUMAMI akan memasarkan di bazaar produk natural Surabaya yang
pengunjungnya kebanyakan adalah ibu-ibu pencinta bahan alami, selain itu kami
akan tetap memasarkan lewat social media karena kini tidak hanya remaja namun
ibu-ibu juga bermain social media.
·
Untuk menjangkau segmen pasar ketiga, kami
berusaha untuk lebih memaksimalkan distribusi dengan menitipkan barang
kami pada konter minuman sehat di tempat kebugaran.
Saluran distribusi:
·
Reseller/distributor
Kami akan membuka peluang menjadi reseller/distributor kami ditiap kota
dengan memberikan harga khusus bagi para reseller/distributor membeli.
·
Kerjasama
Kami akan bekerjasama dengan para pemilik toko/konternya dengan konsep
sejenis kami untuk menitipkan produk kami pada toko/konternya.
·
Online Shop
Kami juga akan menyalurkan produk langsung ke konsumen yang belum terdapat
reseller/distributor kami melalui transaksi online shop.
Promotion
Salah satu elemen penting untuk mendukung
usaha pencitraanproduk adalah strategi promosi. Promosi akan dilakukan secara intensif
dan efektif sebagai upaya membangun citra LUMAMI sebagai produk kecantikan
berbahan alami yang bermanfaat bagi kulit dan aman digunakan.
·
Pemberian informasi secara langsung (direct promotion)
Pemberian informasi secara langsung
dilakukan oleh parapersonil tim ketika melakukan dirrect selling. Juga
dengan ikutserta dalam event-event bazar yang akan kami ikuti. Promosi
secara langsung dianggap cukup efektif karena adanya interaksi langsung antara
konsumen dan produsen.
·
Pemberian informasi secara tidak langsung
(undirect promotion)
Promosi tidak langsung dilakukan dalam
bentuk penyebaran posting di social
media dan penyebaran brosur. Penggunaannya
tidak mengeluarkan biaya besar dan efeknya cukup baik. Posting di social media dilakukan
secara teratur agar masyarakat mengenali produk kami. Brosur disebar ke
beberapa lokasi strategis di daerah pemasaran sehingga memberikan kemudahan bagi
calon konsumen untuk membeli dan melakukan pemesanan produk.
·
Usaha promosi baik langsung/tidak langsung juga ditambah
dengan terjadinya promosimulut ke mulut (Word
to Mouth) yang akan dilakukan
olehkonsumen yang merasa puas akan produk kami.
Advertisement
Kami akan melakukan iklan di social media
dengan “endorse” yaitu memberikan barang kepada sosok yang dianggap berpengaruh
pada segmen kami lalu ia akan berfoto dan mengunggahnya ke social media. Dengan
cara tersebut produk kami akan semakin di kenal
BEP(Break Event Point)
Penjualan 10unit
x Rp 50.000 = Rp 500.000
Biaya tetap = Rp 25.000
Biaya variabel = Rp 20.200 x 10 = Rp 202.000
Rp 227.000
Laba =
Rp 273.000
BEP =
40.000 = 40.000
= 40.000 = Rp 200.000
1-227.000 1-0,8 0,2
273.000
ORGANISASI USAHA
Dalam tahap awal pembuatan LUMAMI ini
dilakukan oleh 6 orang yang adalah anggota kelompok kami. Terdiri dari
4/
5
Oleh
fuadi