Sunday, December 17, 2017

Laporan Kegiatan Berpikir Kritis Kreatif
“LUMAMI”
(Lulur Makser Alami)

Diusulkan Oleh:
Veny Melati Verdiana 041511233144
Ines Rotua                   041511233180
Muhammad Romadlon 041511233152
Jessica Gotami S         041511233162
Astry Lusiana Ginting 041511233174
Lisa Handayani           041511233154



UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2015
Bahan Utama LUMAMI
  Buah pisang mengandung vitamin B, B6, C, magnesium, kalsium, fosfor dan besi. Buang pisang dipercaya mampu mengeringkan jerawat, mencerahkan, mengontrol minyak diwajah dan menghilangkan jerawat (Dr.Ir.Sobir-Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB)
.  Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Tomat kaya akan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit wajah. Gabungan keduanya dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. (Dr.Ir.Sobir-Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB)

 Buah strawberry kaya akan anthocyanin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh,yang mana dapat berperan sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Buah ini juga mengandung vitamin C yang mampu mencerahkan kulit. Buah wortel dan tomat (Garcia Liana,2009).

 Ampas air beras mengandung zat oryzanol yang memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultraviolet, sehingga sangat baik untuk kesehatan  kulit, selain itu ampas beras juga dapat mencerahkan wajah (Yayuk Puspita,ITB).



Gambaran Usaha
1.     Gambaran Usaha
Usaha pengolahan ampas jus dan ampas beras menjadi lulur serta pengemasan yang dilakukan berguna untuk meningkatkan nilai guna dari bahan tersebut. Usaha ini ditekankan padapeningkatan nilai tambah dan diversifikasi produk olahan berupa lulur “lumami” yang menawarkan perawatan wajah alami tanpa bahan kimia.Produsen sendiri akan melakukan pengemasan dan pemasaranproduk.

2.   Gambaran Produk Usaha
Yang kami kembangkan dari ampas  jus dan ampas beras adalah sebuah produk perawaran kecantikan yang menitik beratkan pada bahan alami sehingga aman digunakan serta kaya manfaat. Keunggulan produk kami dibandingkan dengan lulur yang biasa adalah pada segi kesehatan dan keramahan lingkungan. Kami menawarkan alternatif konsumsi produk kecantikan yang dapat merawat wajah secara alami dan tanpa efek samping berbahaya. Produk kami juga ramah lingkungan karena akan mengurangi pemakaian “micro breads” yang biasa digunakan produk sejenis, karena benda itu dapat mencemari air laut.





Perencanaan Pemasaran
STP (Segmentation, targetting & Positioning)

1.     Segmentasi 
Pasar/mapping market kelompok kami membedakan pangsa pasar menjadi 3 segmen.
a.Segmen Pertama merupakan remaja wanita maupun pria yang peduli akan kesehatan kulit dan lingkungan.
b. Segmen Kedua, yaitu ibu usia 30-40 tahun yang ketergantungan produk kimia berbahaya dan ingin menyehatkan kulitnya dengan bahan alami.
c. Segmen Ketiga, termasuk di dalamnya adalah masyarakat ekonomi menengah ke atas dan pria dewasa yang peduli dengan kesehatan kulit.

2.     Targetting
Target utama dari pemasaran LUMAMI adalah segmenpertama dan segmen kedua. Kedua segmen ini dipilih karena memiliki daya beli yang tinggi terhadap produk kecantikan. Hal ini didasarkan oleh fakta bahwa segmen utama dankedua memiliki ukuran pasar yang besar dan perkiraan bahwa kelompok pertama dan kedua memiliki kebutuhan atas manfaat dari produk LUMAMI kami.

3.     Positioning
Dalam melakukan pemasaran, kami mencoba membangun image
LUMAMI adalah perawatan kecantikan  yang menggunakan bahan alami yang bermanfaat bagi kulit dan aman digunakan.




Perencanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

1.Product 

Varian Produk
Strawberry Milk (kulit kering-normal)
Manfaat :
-mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah
-melembabkan serta mengatasi iritasi pada wajah
-mencegah flek diwajah
-menyamarkan bekas jerawat
-mengencangkan wajah

Banana Shake (kulit kombinasi kering dan berminyak daerah T)
Manfaat:
-mengontrol minyak pada wajah
-mencerahkan wajah
-melembabkan wajah
-mengatasi jerawat
-mengurangi komedo pada wajah
-menyamarkan bekas jerawat

Tomato Carrot (kulit berminyak)
Manfaat:
-mengontrol minyak diwajah
-mengatasi jerawat
-meredakan sensitif pada kulit
-menyamarkan bekas jerawat
-mengurangi komedo diwajah
-mencerahkan wajah


















Kemasan
LUMAMI hadir dalam satu ukuran, bentuk dan harga. Kemasan terbuat dari kain blacu yang telah dibentuk menjadi pouch dan di beri label produk, kami menggunakan bahan tersebut dengan mengutamakan konsep produk kami yang ramah lingkungan.

Logo
Nama Produk
Kami memberi nama produk kami LUMAMI yaitu Lulur Masker Alami.





Price
Dalam pemasaran LUMAMI tidak diberlakukan diferensiasi harga. Strategi ini dipilih untuk membuat produk ini terjangkau oleh semua segmen serta untuk memaksimalkan margin laba yangdidapatkan. Masing-masing varian tersebut akan dipatok dengan harga sebesar Rp 50.000,00

Komponen Biaya
No
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Biaya tetap
Rp    25.000,00
2
Bahan variabel per unit
Rp    20.200,00
3
Perjalanan
Rp    40.000,00
4
Lain-lain: administrasi, promosi, dokumentasi
Rp    45.000,00

Discount
Untuk pelanggan yang membeli dengan menyertakan bukti telah mengikuti (follow) social media kami (instagram @lulur_lumami) diberlakukan discount 5% untuk pembelian pertama.
Dan untuk yang berminat menjadi reseller kami berikan discount sebanyak 10% minimal pemesanan 10pack setiap ordernya.


Place 
Wilayah pemasaran produk LUMAMI saat ini utamanya adalah kota Surabaya dan target lainnya adalah kota-kota di pulau Jawa-Bali.
Untuk mendukung strategi pemasaran yang ditetapkan, LUMAMI akan didistribusikan ke beberapa tempat strategis yang mewakili semua segmen yang ada, antara lain:
·        Untuk menjangkau segmen pertama, LUMAMI akan memasarkan lewat social media (karena bagi produsen cara ini dinilai ampuh dikarenakan social media merupakan tempat para remaja menghabiskan waktunya) selain social media kami juga akan mengikuti bazaar para pemuda-pemudi di Surabaya untuk mengenalkan produk kami.

·        Untuk menjangkau segmen kedua, LUMAMI akan memasarkan di bazaar produk natural Surabaya yang pengunjungnya kebanyakan adalah ibu-ibu pencinta bahan alami, selain itu kami akan tetap memasarkan lewat social media karena kini tidak hanya remaja namun ibu-ibu juga bermain social media.

·        Untuk menjangkau segmen pasar ketiga, kami berusaha untuk lebih memaksimalkan distribusi dengan menitipkan barang kami pada konter minuman sehat di tempat kebugaran.
Saluran distribusi:
·        Reseller/distributor
Kami akan membuka peluang menjadi reseller/distributor kami ditiap kota dengan memberikan harga khusus bagi para reseller/distributor membeli.
·        Kerjasama
Kami akan bekerjasama dengan para pemilik toko/konternya dengan konsep sejenis kami untuk menitipkan produk kami pada toko/konternya.
·        Online Shop
Kami juga akan menyalurkan produk langsung ke konsumen yang belum terdapat reseller/distributor kami melalui transaksi online shop.

Promotion
Salah satu elemen penting untuk mendukung usaha pencitraanproduk adalah strategi promosi. Promosi akan dilakukan secara intensif dan efektif sebagai upaya membangun citra LUMAMI sebagai produk kecantikan berbahan alami yang bermanfaat bagi kulit dan aman digunakan.

·        Pemberian informasi secara langsung (direct promotion)
Pemberian informasi secara langsung dilakukan oleh parapersonil tim ketika melakukan dirrect selling. Juga dengan ikutserta dalam event-event bazar yang akan kami ikuti. Promosi secara langsung dianggap cukup efektif karena adanya interaksi langsung antara konsumen dan produsen.

·        Pemberian informasi secara tidak langsung (undirect promotion)
Promosi tidak langsung dilakukan dalam bentuk penyebaran posting di social media dan penyebaran brosur. Penggunaannya tidak mengeluarkan biaya besar dan efeknya  cukup baik. Posting di social media dilakukan secara teratur agar masyarakat mengenali produk kami. Brosur disebar ke beberapa lokasi strategis di daerah pemasaran sehingga memberikan kemudahan bagi calon konsumen untuk membeli dan melakukan pemesanan produk.

·        Usaha promosi  baik langsung/tidak langsung juga ditambah dengan terjadinya promosimulut ke mulut (Word to Mouth) yang akan dilakukan olehkonsumen yang merasa puas akan produk kami.

Advertisement
Kami akan melakukan iklan di social media dengan “endorse” yaitu memberikan barang kepada sosok yang dianggap berpengaruh pada segmen kami lalu ia akan berfoto dan mengunggahnya ke social media. Dengan cara tersebut produk kami akan semakin di kenal




BEP(Break Event Point)
         
Penjualan    10unit x Rp 50.000                           = Rp 500.000

Biaya tetap                              = Rp   25.000
Biaya variabel = Rp 20.200 x 10 = Rp 202.000
                                                                                Rp 227.000
Laba                                                                     = Rp 273.000

BEP  = 40.000     =     40.000 = 40.000 = Rp 200.000
          1-227.000            1-0,8        0,2
              273.000




ORGANISASI USAHA

Dalam tahap awal pembuatan LUMAMI ini dilakukan oleh 6 orang yang adalah anggota kelompok kami. Terdiri dari







Artikel Terkait

4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email