Hubungan
Dimensi Proses Kognitif (cognitive process dimention) dan Dimensi
Pengetahuan (Knowledge
Dimention)
Pengembangan berfikir peserta
didik yang dikenal dengan dimensi proses kognitif pada rumusan Kompetensi Dasar
pengetahuan (KD-3) memiliki hubungan dengan bentuk pengetahuan (knowledge dimention). Sebagai contoh
mengingat (C-1) bentuk pengetahuannya adalah fakta, menjelaskan (C2) berkaitan
dengan konsep; menerapkan (C3) berkaitan dengan bentuk pengetahuan prosedural.
Adapun perkembangan berfikir menganalisis (C4) sampai dengan mengkreasi (C6)
memiliki hubungan dengan bentuk pengetahuan meta kognitif. Lebih jelasnya
hubungan tersebut di uraikan pada tabel berikut.
Tabel berikut
Hubungan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan
No
|
Perkembangan
Berfikir Taksonomi Bloom Rivised Anderson (Cognitive Process Dimension)
|
Bentuk
Pengetahuan (Knowledge Dimension)
|
Keterangan
|
1.
|
Mengingat
(C1)
|
Pengetahuan
Faktual
|
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)
|
2.
|
Menginterprestasi
prinsip (Memahami/C2)
|
Pengetahuan
Konseptual
|
|
3.
|
Menerapkan
(C3)
|
Pengetahuan
prosedural
|
|
4.
|
Menganalisis
(C4) Mengevaluasi (C5) dan Mengkreasi(C6)
|
Pengetahuan
Metakognitif
|
Higher
Order Thinking Skills (HOT’s)
|
@2016,
Direktorat Pembinaan SMK
Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan
4/
5
Oleh
fuadi