Keputusan Pembelian
2.2.6.1 Pengertian
Keputusan Pembelian
Kotler dan Armstrong (2008) dalam penelitian
Margiyanto (2013), keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan
keputusan pembelian dimana konsumen benar-benar membeli. Pengambilan keputusan
merupakan suatu kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam
mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan. Menurut Kotler (2012), keputusan
pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untukmelakukan pembelian
sebuah produk. Oleh karena itu, pengambilan keputusan pembeliankonsumen
merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif
penyelesaianmasalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat
melakukan evaluasi pilihandan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil
selanjutnya. Kotler dan Keller
(2010:179) mengemukakan yang dilakukan oleh konsumen pada saat membuat
keputusan pembelian adalah: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi
alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah membeli. Berdasarkan teori
tersebut disimpulkan bahwa keputusan pembelian yang dilakukan adalah
berdasarkan dengan apa yang telah konsumen pertimbangkan sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan mereka.
2.2.6.2 Indikator
Keputasan Pembelian
Dalam penelitian Habibi (2013), adapun indikator variabel
keputusanpembelian sebagai berikut :
a. Kebutuhan tentang
produk
Kebutuhan tentang produk
adalah kebutuhan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang diharapkan dan
sesuai dengan yang diinginkan.
b. Penentuan pembelian
sesuai dengan kebutuhan
Penentuan pembelian
sesuai dengan kebutuhan adalah sikap yang dilakukan konsumen dalam menentukan
kebutuhan apa yang diinginkan dengan cara mencari informasi tentang produk yang
diinginkan.
c. Penentuan keputusan
Pembelian
Penentuan keputusan
pembelian adalah sikap konsumen dalam menentukkan barang atau produk yang
diinginkan dengan cara membeli barang tersebut.
d. Perasaan setelah
membeli
Perasaan setelah membeli
adalah perasaan konsumen terhadap produk atau barang yang dibelinya dengan rasa
puas atau membelinya secara berulang-ulang.
Keputusan Pembelian
4/
5
Oleh
fuadi