BAB I
PENDAHULUAN
I.I Pokok Masalah
Saat ini, pasar kopi olahan sudah menjadi industri yang sangat
terfragmentasi. Dengan lebih dari 500 perusahaan pengolahan kopi di Indonesia,
maka tingkat persaingan di industri ini sudah pasti sangat tinggi. Secara garis
besar, pemain di industri ini dapat dikategorikan ke dalam dua golongan, yaitu
mereka yang menggarap pasar nasional dan mereka yang bermain di pasar-pasar
lokal.Dari sudut pandang permintaan, pasar kopi bubuk di Indonesia masih
memiliki potensi yang cukup besar,dibandingkan dengan Amerika Serikat.
Permasalahan
sekarang adalah bagaimana pemanfaatan strategi pemasaran terhadap kemajuan
teknologi yang semakin maju,disini Saya akan membahas beberapa strategi pemasaran
tidak langsung yakni pemanfaatan internet,televisi dan iklan digital.
Strategi
pertama penggunaan internet,yang menggunakan Web resmi PT.Kapal Api
Indonesia,serta media sosial.Yang kedua adalah strategi pemasaran menggunakan
iklan di televisi dan yang ketiga strategi pemasaran menggunakan papan iklan
digital yang akan di pasang di pinggir jalan raya.
I.2 Tujuan
Strategi Pemasaran
Menurut Chandra
(2002), Strategi pemasaran
merupakan rencana yang
menjabarkan ekspektasi
perusahaan akan dampak
dari berbagai aktifitas
atau program
pemasaran terhadap
permintaan produknya di pasar
sasaran tertentu.
Sedangkan menurut
Kotler dan Amstrong
(1997), strategi pemasaran
adalah pola pikir
pemasaran
yang akan digunakan oleh unit bisnis untuk mencapai tujuan pemasarannya.
Dari sini dapat kami simpulkan bahwa
pentingnya strategi pemasaran langsung atau melalui perantara.Saat ini Saya
akan membahas stratetigi pemasaran tidak langsung karena menggunakan perantara
media internet tv dan papan iklan digital dengan tujuan pemasaran secara
menyeluruh kepada semua kalangan baik dewasa,remaja dan anak-anak sekaligus
penanaman brand kepada mereka.
I.3 Tujuan
Brand Comunikation
Schneider beserta rekan-rekannya
mengatakan bahwa brand adalah nama, istilah, desain, simbol, atau kombinasi
dari berbagai hal tersebut yang mengidentifikasikan dan membedakan sebuah
produk atau pelayanan dengan pesaingnya. Konsep tentang pembeda dilengkapi oleh
Schneider dan rekan-rekannya. Pengertian itu sejalan dengan pengertian Alifahmi
(2012) yang mengatakan “Sebuah merek (brand) merupakan persepsi yang berasal
dari pengalaman atau informasi suatu produk. Karena itu, mereklah yang
membedakan suatu produk dengan yang lain. “.
Dengan kata lain tujuan brand itu
sendiri adalah identitas produk perusahaan kepada calon pembeli.Seperti produk
Kopi Kapal Api yang mempunyai brand bergambar kapal uap dengan laut berwarna
hitam,dengan keunikan symbol tersebut konsumen akan mengingat ketika hendak
membeli kopi saset(instan),inilah hasil dari komunikasi brand sukses.
I.4 Tujuan
Konsumen
Pengertian
konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun
makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.Menurut pengertian Pasal 1
angka 2 UU PK, “Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang
tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,, orang
lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Untuk
membuat konsumen kopi,PT.Kapal Api sangat menjaga citra dan rasa kopinya,serta
mengeluarkan produk baru bagi kepuasan konsumennya.Hal inilah yang membuat PT.Kapal
Api mampu bersaing sampai saat ini.
Di
dalam proses pemuasan konsumen tidak lepas dari pemanfaatan teknologi media
baik itu Tv,internet,maupun media cetak untuk pemasarannya dalam menanamkan
persepsi brand kepada calon konsumen.
BAB II
PEMANFAATAN MEDIA DALAM PROMOSI
2.I Pemanfaatan Media
Media
Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu
produk/jasa/image/perusahaan ataupun
yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Media promosi yang
paling tua adalah media dari mulut ke mulut. Media ini memang sangat efektif,
tetapi kurang efisien karena kecepatan penyampainanya kurang bisa diukur dan
diperkirakan.
Media
promosi yang klasik berupa; brosur, poster, booklet, leaflet, spanduk, baliho,
billboard, neon box, standing
banner, kartu nama, kop surat, seragam pegawai, jam dinding, poster di
mobil/truk, piring/gelas, iklan di tv, radio, spanduk terbang (ditarik
pesawat), balon udara, iklan di media cetak, daftar menu, daftar harga dan
sebagainya.
2.2 Promosi Melalui Media
Penggunaan
media sebagai alat promosi saat ini sangat efisien karena hampir semua
masyarakat di indonesia menggunakan media internet dan elektronik,sehingga
kemungkinan besar keberhasilan saat promosi dan penanaman brand kepada
masyarakat sangat berpeluang besar,salah satunya adalah penggunaan media
sebagai berikut :
a. New Media
atau Media Internet
Memperkenalkan Produk Baru Melalui
WebSalah satu alat promosi terbaik lainnya adalah melalui dunia maya alias
internet. Di web kopi Kapal Api ini bila ada produk kopi terbaru maka akan di
share. Begitu juga dengan iklan yang baru launching di televisi akan di share
melalui web resmi kopi Kapal Api.
Banyak Kuis yang Diadakan di Twitter
atau di Facebook
Bagi yang suka gratisan tanpa
mengeluarkan uang, ikut kuis melalui official account twitter Kapal Api juga
akan menambah konsumen. Cara untuk mengikuti kuis ini salah satunya kita harus
men-twitpict atau meng-upload foto kita saat menikmati kopi Kapal Api. Tentunya
hal ini merupakan strategi jitu untuk membidik pasar konsumen dengan cara yang
mudah dan tentunya tidak mengeluarkan biaya pemasaran yang cukup mahal. Media
social ini juga akan lebih mendekatkan dan tau apa saja keluhan konsumen agar
nantinya keluhan tersebut bisa ditindaklanjuti yang nantinya akan menjaga
kualitas produk Kapal Api tersebut.
b. Media
Elektronik Iklan di Televisi
Salah satu cara marketing yang sangat ampuh adalah iklan melalui saluran
televisi. Apalagi ditambah dengan artis yang sedang “naik daun” dan tentunya
mempunyai pengaruh yang besar di masyarakat. Seperti Agnes Monica dan Glen
Freadly. Maka itu akan menjadi nilai jual yang lebih bagi produsen
c.
Papan Iklan Digital
Promosi menggunakan papan iklan
digital merupakan terobosan terbaru untuk menarik pelanggan yaang berada di
jalan raya,hal ini menarik karena menggunakan audio visual seperti iklan yang
berada di televisi.
Serta
dengan terobosan terbaru ini dapat di artikan bahwa PT.Kapal Api sangat
mengedepankan pemanfaatan media dalam menjalankan promosi pemasaran produknya.
2.3 Interpersonal atau Pemasaran Langsung
Mendirikan Tennant
Inilah salah satu bahwa kopi Kapal
Api sebagai brand no 1 kopi di Indonesia. dengan banyaknya orang yang datang
dan mengantri untuk menikmati kopi Kapal Api secara langsung. Tempat ini juga
bisa sebagai tempat ngumpulnya pecinta kopi khususnya Kapal Api.Mall sebagai
sarana untuk melepaskan penat apalagi ditambah dengan minum secangkir kopi. Ini
benar-benar bisa dikatakan relaksasi sambil cuci mata.
Melakukan Event
Langsung ke Konsumen
Salah satunya seperti gambar diatas merupakan salah
satu cara Kapal Api menarik konsumennya yaitu dengan melakukan event seperti
pada saat car free day atau terjun langsung ke lapangan memberikan
bingkisan kepada konsumen yang lewat.
2.4 Produk
Untuk mengetahui produk Kapal
Api Saya akan menjelaskan sekalian sejarah PT Santos Jaya Abadi – Kopi kapal
Api.PT Santos Jaya Abadi mewarisi tradisi sekental kopinya. Sebagai usaha
keluarga pemilik merk kopi terbesar di Indonesia, akar perusahaan ini mulai
tumbuh dari sebuah industri rumah tangga sederhana di Surabaya, di mana lebih
dari 79 tahun silam pada tahun 1927, Sang Pelopor Go Soe Loet memproduksi kopi
terkenalnya.
Pada tahun 1970, perusahaan melakukan
perkembangan sekaligus perubahan. Generasi kedua mulai tampil untuk memastikan
kelanjutan dan kesuksesan usaha dengan memperkenalkan mesin dan peralatan
mutakhir, mengembangkan manajemen, meningkatkan keterampilan tenaga kerja serta
memperluas penyebaran produk hingga tersedia di seluruh Jawa Timur.
Tahun 1980 kami membangun pabrik yang
sekarang berada di Sepanjang, Sidoarjo, Jawa timur. Pada tahap ini, merk Kapal
Api telah menjadi penyangga utama perusahaan yang tersebar
rata di seluruh Indonesia sekaligus menjadi pemimpin pasar dengan rangkaian
produk lengkapnya.
Melanjutkan sukses merk Kapal Api dan
demi kepuasan pelanggan, PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi
lain yang juga berhasil meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day,
Ya dan Kapten.
BAB III
KESIMPULAN
3.I Kesimpulan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran Kapal Api sangat efektif dalam melaksanakan kegiatan promosi baik dalam memuaskan konsumen dan penyampaian brand kepada khalayak,dengan menggunakan 3 media yang banyak digunakan dan di lihat oleh masyarakat indonesia pada umumnya.
3.2 Kesimpulan Pemanfaatan Media Dalam Promosi
Kopi Kapal
Api berhasil dalam mengoptimalkan strategi marketing mix untuk memenuhi
kepuasaan pelanggan. Inovasi produk terus dilakukan dengan differensiasi produk
dengan variasi rasa dan harga yang terjangkau konsumen. Konsumen diberi
kemudahan untuk memperoleh produk di pasar dan tetap menjaga dan meningkatkan
konsumen dengan menayangkan iklan maupun mengadakan kegiatan-kegiatan yang
inovatif.
STRATEGI PEMASARAN PRODUK KAPAL API
4/
5
Oleh
fuadi