Friday, August 19, 2016

memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)

Kompetensi Inti yang harus dimiliki  adalah memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Pengetahuan Faktual
Bagaimana kita tahu bahwa air yang dididihkan pada tekanan udara 1 Atm akan mencapai suhu 100oC? Apakah pengetahuan itu diperoleh dari praktek mendidihkan air? Pengetahuan bahwa air mendidih pada tekanan 1 Atm akan mencapai suhu 100o C diperoleh jika kita mempraktekkannya secara langsung. Pengetahuan yang diperoleh melalui kegiatan praktek tersebut berupa fakta dan pengetahuan itu disebut pengetahuan faktual.
Pengetahuan faktual merupakan unsur-unsur dasar (basic element) yang arus dipahami peserta didik dari suatu disiplin ilmu. Pengetahuan faktual meliputi 1) pengetahuan terhadap istilah, misal simbol-simbol dan istilahistilah ilmiah; dan 2) pengetahuan terhadap unsur-unsur yang spesifik,
misal sumber-sumber alam, sumber informasi, atau fakta-fakta yang bersifat praktis (Anderson & Krathwohl, 2001).

Pengetahuan Konseptual
Berdasarkan pengalaman kita, apa yang terjadi jika besi, perunggu, baja, lilin, batang plastik, dan kayu dipanaskan dalam rentang waktu tertentu? Jika kita mengklasifikasinya, ada beberapa benda yang akan memuai dan sisanya tidak memuai. Besi, perunggu, dan baja termasuk benda yang akan memuai jika dipanaskan, sedangkan lilin, batang plastik, dan kayu termasuk benda yang tidak memuai. Besi, perunggu, dan baja merupakan jenis-jenis logam, sehingga dapat disimpulkan bahwa logam akan memuai jika dipanaskan dalam rentang waktu tertentu. Pernyataan ini disebut konsep dan termasuk pada pengetahuan konseptual.
Pengetahuan konseptual merupakan pengetahuan yang lebih kompleks dan diorganisasi dari beberapa pengetahuan faktual. Pengetahuan konseptual menyatakan hubungan antara pengetahuan faktual berupa unsur-unsur dasar dengan struktur keilmuan yang lebih besar sehingga memungkinkan terjadinya pengetahuan baru (Anderson & Krathwohl, 2001). Pengetahuan konseptual meliputi 1) pengetahuan tentang klasifikasi dan kategori, misal pengelompokan benda yang bersifat magnet dan bukan magnet; 2) pengetahuan tentang prinsip dan generalisasi, misal prinsip pesawat sederhana dan hukum Newton; dan 3) pengetahuan tentang teori, model dan struktur, misal teori evolusi dan teori atom, model lapisan tanah, struktur tubuh hewan dan tumbuhan.

Pengetahuan Prosedural
Perhatikan pertanyaan berikut. Jelaskan cara menjernihkan air kotor! Kita bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan detil jika kita pernah melakukan praktek penjernihan air kotor. Jika Anda hanya menghapal urutannya tanpa pernah mempraktekkannya, ada kemungkinan jawabannya salah. Pengetahuan yang Anda peroleh yang merupakan urutan tertentu disebut pengetahuan prosedural.
Pengetahuan prosedural merupakan pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu yang dapat berupa kegiatan atau prosedur. Perolehan pengetahuan prosedural dilakukan melalui suatu metode penyelidikan dengan menggunakan keterampilan-keterampilan, teknik dan metode serta kriteria tertentu. Pengetahuan prosedural meliputi: (a) pengetahuan tentang keterampilan dan algoritma, misal keterampilan proses IPA dan langkahlangkah dan melakukan penyelidikan (inquiry), (b) pengetahuan tentang teknik dan metode, misal metode penelitian, metode evaluasi, dan teknik pemecahan masalah; (c) pengetahuan tentang kriteria yang digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan atau prosedur dengan mempertimbangkan “when to do what”, misal kriteria untuk menunjukkan prosedur statistik yang menggunakan pengumpulan data dalam eksperimen (Anderson & Krathwohl, 2001).

Sumber : buku k13 Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII


Artikel Terkait

memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email