I.
MATA KULIAH MANAJEMEN MEDIA MASSA KELAS A
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN
Latar
Belakang Perusahaan
Masalah Media memiliki pengertian
yang sangatlah luas. Secara umum, kata media berasal dari bahasa latin medius
yang secara harafiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Namun,
pengertian media dalam proses pembelajaran cenderung diartikan sebagai
alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan
menyusun kembali informasi visual maupun verbal. Media, terdiri dari media lama
dan baru. Media lama antara lain radio, televisi, surat kabar. Sedangkan media
baru terdiri dari internet dan perangkat handphone. Media baru secara sederhana
adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan
internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social
network, online forum. yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Saat ini, pengguna media internet mengalami peningkatan yang cukup signifikan, seperti semakin maraknya pengguna facebook, youtube yang menimbulkan fenomena di Indonesia. Internet (inter-network) dapat diartikan jaringan komputer luas yang menghubungkan pemakai komputer dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari suatu negara ke negara di seluruh dunia. Di mana, di dalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi fasilitas layanan internet browsing atau surfing yaitu kegiatan “berselancar” di internet. Jika melihat fenomena televisi dan internet merupakan media yang paling berpengaruh memberikan efek kepada publik, hal ini tentu saja menggeser popularitas media cetak sebagai media pertama.
Melihat persaingan yang cukup ketat,
kami menyadari bahwa tak mudah untuk bertahan di tengah pesatnya arus teknologi
informasi. Belum lagi dengan adanya konglomerasi media oleh para pengusaha
media di Indonesia. Namun, perusahaan kami berupaya semaksimal mungkin untuk
dapat menciptakan media yang lebih inovatif dan berkontribusi positif bagi
kemajuan bangsa.
Saat ini, surat kabar masih diminati
masyarakat. Harganya yang relatif murah dibandingkan media lain memungkinkan
untuk dikonsumsi oleh segala lapisan masyarakat. Masyarakat pun telah terbiasa
menjadikan koran sebagai salah satu referensi mereka. Hal ini memberi peluang
bagi pebisnis surat kabar karena bisnis ini cukup menjanjikan. Oleh sebab itu,
kami berminat untuk mendirikan perusahaan surat kabar harian.
Media surat kabar ini memiliki misi
untuk ikut mencerdaskan bangsa melalui informasi-informasi yang mendidik,
benar, dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk menjalankan misi tersebut, kami
membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat membangun kesadaran
masyarakat akan pentingnya informasi. Dengan demikian, kami sertakan proposal
ini sebagai langkah awal perencanaan dalam mewujudkan misi media perusahaan
kami.
1.1 Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan metode
perencanaan terstruktur yang digunakan untuk mengetahui kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman atau tantangan (threats) yang terdapat pada bisnis usaha.
Sebelumnya, kami telah melakukan
survei pasar, terkait dengan: kebutuhan pasar, minat baca masyarakat, jaringan
usaha, koran kompetitor, daya beli, SDM, segmentasi, demografis, geografis, dan
psikografis masyarakat serta ketersediaan bahan baku untuk mencetak koran. Dari
survei tersebut, berikut ini adalah analisis SWOT perusahaan kami.
a.
Strengths
·
Kekuatan perusahaan terletak pada
Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlatar belakang pendidikan sesuai dengan
bidang pekerjaannya.
·
Mempunyai target pasar yang jelas,
baik dari pembaca maupun pengiklan.
·
Bisnis surat kabar bebas dari limbah
industri karena setiap sampah dari hasil produksi akan didaur ulang untuk
keperluan lainnya.
·
Memiliki kerja sama dengan jaringan
kantor berita untuk mendapatkan berita teraktual seputar nasional dan internasional.
b.
Weakness
·
Kurangnya pengalaman kerja sebagian
staff karena mereka baru menamatkan pendidikan dan belum pernah bekerja di
media.
·
Surat kabar ini merupakan surat
kabar yang baru berdiri, sehingga belum dikenal masyarakat luas.
. kurangnya
jam terbang sehingga kurang memiliki pngalaman
c.
Opportunity
·
Adanya kebutuhan yang cukup besar
dari masyarakat terhadap informasi dan promosi.
d.
Threats
·
Adanya koran kompetitor yang telah
menjadi market leader di masyarakat.
·
Adanya ketidakpekaan perusahaan
terhadap selera masyarakat yang berubah-ubah.
·
Adanya diskon pemasangan iklan dari
media surat kabar lain untuk menarik minat pengiklan.
1.2 ProspekPerusahaan
Media Cetak
Prospek
Perusahaan
Peluang
Usaha Media Cetak yang Masih Menjanjikan
Bisnis Media
cetak yang
diprediksi akan bangkrut seperti di Amerika Serikat, malah justru beberapa
tahun terakhir mengalami kenaikan tiras di indonesia. Ahmad Djauhar, Sekretaris
Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) mengaku perkembangan media masa saat ini
cukup pesat. Pada tahun 2000, di Indonesia baru ada 290 judul media cetak
dengan tiras sekitar 14,5 juta eksemplar. Tahun 2011 jumlah media cetak
melonjak menjadi sekitar 1.000 judul dengan total tiras 25 juta eksemplar.
Media cetak yang mempunyai tiras paling banyak adalah surat kabar harian,
kemudian majalah, tabloid, dan surat kabar minggu.
Kenaikan
tiras, ada hubungannya dengan kenaikan daya beli masyarakat. Pendapatan per kapita
penduduk Indonesia dari tahun ke tahun mulai naik. Kondisi ini membuka peluang
bagi media cetak. Yang harus dicermati adalah pelaku bisnis media cetak harus
pandai berinovasi, seperti mengintegrasikan media cetak dengan media online
atau televisi. Persaingan bisnis media massa memang ketat. Pelaku bisnis media
massa yang dulunya hanya menguasai satu bentuk media sekarang mulai merambah ke
beberapa bentuk media agar penetrasinya ke pasar lebih luas.
Alasan memilih usaha
SURAT KABAR MEDIA CETAK dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
a.
Berkontribusi pada negara Indonesia agar menciptakan peradaban budaya membaca
yang baik demi kemajuan bangsa indonesia.
b.
Media ini hadir untuk memenuhi kebutuhan yang seharusnya dimiliki suatu bangsa
yang sedang berkembang agar berproses pada kemajuan.
c.
Dapat diminati oleh semua kalangan seperti anak-anak, remaja dan
dewasa. Harga terjangkau tapi kualitas tulisan tetap bermutu.
d.
Menerima karya-karya masyarakat, sekaligus menarik minat
baca khalayak agar dapat berfikir secara kreatif dan inovatif
e.
Memberi kebebasan pada masyarakat untuk
menyuarakan pendapat agar memiliki kepedulian terhadap bangsa
II. Visi dan Misi
2.1 VISI:
MenjadiPerusahaan
yang kreatif, Kompetitif dan
berkualitass
MISI:
Ikut mencerdaskan bangsa melalui informasi-informasi
yang mendidik, kreatif, jujur dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
2.2 Tagline
Dan Penjelasanya
Tagline :
Informatif
dan kreatif
Filosofi :
kita akan mendirikan perusahaan surat kabar
(media cetak) yang penuh dengan informasi-informasi ter aktual dan
kreatif dalam pembawaan berita tanpa membuat orang bosan dengan membacanya
justru malah tertarik ketika membacanya
III.
Nama Media Dan
Penjelasannya
Nama media : Eagle News
Penjelasan : terinspirasi dari lambang negara republik indonesia
yaitu burung GARUDA di harapkan media ini bisa di cintai oleh warga negara
Indonesia dan bisa bermanfaat sebagai media terupdate dalam menyampaikan
informasi se Indonesia
IV.
Spesifikasi Media
4.1 Ukuran Koran : 330,5mm x 550mm
Posisi
: Tegak/ Portait
Jumlah Halaman :
30 halaman (Senin-Kamis), 35 halaman (Jumat-Minggu)
Pewarnaan :
Warna dan hitam putih
4.2 Rubrik
Halaman Utama
|
Rubrik
|
Halaman
|
Deskripsi Rubrik
|
|||||||
1&2
|
Halaman
Utama
|
2
|
Berita-berita utama dari daerah,
nasional, maupun internasional
|
|||||||
3&4
|
Nasional
|
2
|
Berita-berita seputar Nasional
|
|||||||
4&5
|
kota
|
2
|
Berita-berita seputar wilayah kota
Surabaya
|
|||||||
6
|
Sambungan
|
1
|
Sambungan berita halaman satu
|
|||||||
7
|
Barat
|
1
|
Berita-berita seputar wilayah indonesia
bagian barat
|
|||||||
8&9
|
Tengah
|
2
|
Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian
tengah
|
|||||||
10
|
Timur
|
1
|
Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian
timur
|
|||||||
11
|
Selatan
|
1
|
Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian
selatan
|
|||||||
12
|
Utara
|
1
|
Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian
Utara
|
|||||||
13&14
|
Politik
|
2
|
Berita-berita seputar dunia politik,
baik daerah maupun nasional
|
|||||||
15
|
Opini
|
1
|
Terdiri atas opini masyarakat,
editorial, tim redaksi, muhasabah/renungan, salam pembaca, dan pojok.
|
|||||||
16&17
|
Internasional
|
2
|
Berita-berita internasional
|
|||||||
18 -21
|
Olahraga
|
3
|
Berita-berita dari berbagai cabang
olahraga
|
|||||||
22 &23
|
Iklan
|
2
|
Berisi iklan-iklan
|
|||||||
24
|
Keluarga
|
1
|
Informasi-informasi menarik seputar
keluarga
|
|||||||
25&26
|
Ekonomi & Bisnis
|
2
|
Berita maupun
informasi seputar ekonomi dan bisnis
|
|||||||
27
|
Teknologi
|
1
|
Berita maupun informasi tentang
perkembangan teknologi
|
|||||||
28&29
|
hobi
|
2
|
Berita seputar hobi-hobi yang lagi di
minati
|
|||||||
30
|
Iklan
|
1
|
Iklan sosial
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Untuk Jumat-Minggu
bertambah 5 halaman. 5 halaman yang bertambah berisi berita dan informasi
seputar gaya hidup, seni dan sastra, pendidikan dan rubrik anak. berikut :
31-32
|
Gaya Hidup
|
2
|
Informasi seputar gaya hidup, trend,
kesehatan, fashion
|
33
|
Seni dan Sastra
|
1
|
Terdiri
atas puisi, cerpen, feature, humor, resensi buku, film, musik,
dan
sebagainya yang berkaitan dengan seni dan sastra
|
34-35
|
Pendidikan dan Rubrik anak
|
2
|
Informasi seputar pendidikan dan pelajaran
|
4.3 Oplah
V.
Susunan Redaksi
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Deskripsi
Tugas
|
Keterangan
|
1
|
Bagusputra
dewangga
|
Presiden
direktur
|
Pemmpin
utama
|
Penanggung
jawab umum
|
2
|
Yoseph
christanto
|
Pemimpin
perusahaan
|
Mengaturkinerja
prusahaan
|
Penanggung
jawab prusahaan
|
3
|
Imanuel
|
Pemimpin
redaksi
|
Mengatur
dan menyusun redaksi
|
Penanggung
jawab produksi
|
4
|
Roni
|
Sekretaris Redaksi
|
Membantu
kerja pemimpin redaksi
|
Membantu
ketua redaksi
|
5
|
Luciana
|
Koordinator peliputan
|
Pengatur
dan pencari berita
|
Kordinator
peliputan di hari h
|
6
|
Intan
|
Redaktur Pelaksana
|
|
|
7
|
Bondan
|
Redaktur
feature
|
|
|
8
|
Mahfut
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
VI.
Biaya Investasi
6.1 Biaya
modal
Dengan perincian biaya gedung,
komputer, kursi , meja dsb sebagai berikut :
Fasilitas
dan mesin produksi
|
Jumlah
|
Total
Nilai
|
Komputer
|
3 unit
|
Rp.15.000.000
|
Internet
(website,jaringan)
|
Rp.
1.200.000
|
|
Mesin
cetak
|
2 unit
|
Rp.
12.000.000
|
Meja dan
Kursi
|
4 unit
|
Rp.10.000.000
|
Bangunan
25m2
|
Rp. 25.000.000
|
|
Biaya
keamanan
|
Rp.1.000.000
|
|
Total
|
Rp. 64.200.000
|
Proyeksi Neraca Awal Tahun
Aktiva
|
Passiva
|
Aktiva Tetap Modal Rp.1.167.200.000,00
|
Hutang Bank Rp. 60.000.000
|
Jumlah Aktiva Rp.1.167.200.000,00 Jumlah
Passiva Rp.1.167.200.000,00
6.2 Biaya
Rutin
PROYEKSI
BIAYA PRODUKSI / BULAN
|
||||
Bahan Baku
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Harga
satuan
|
Jumlah
|
Kertas
Koran
|
Aspex
NPSD-PU 43.0 (roll)
|
400
|
2.500.000
|
1.000.000.000
|
Cetakkan Kertas
|
Alumunium
Plag
|
100
|
300.000
|
30.000.000
|
Tinta
|
Best One Process Colors(Galon)
|
40
|
500.000
|
20.000.000
|
Kantong
Kain Besar
|
-
|
150
|
100.000
|
15.000.000.
|
Plastik
Kemasan
|
70 gr
(roll)
|
7
|
1.000.000
|
7.000.000
|
Kertas Hvs
|
F4
( 33cm x 21.5cm)
|
10 Karton
|
160.000/Karton
|
1.600.000
|
Listrik
|
-
|
-
|
-
|
5.000.000
|
Perawatan
mesin
|
-
|
-
|
200.000
|
200.000
|
Air
|
-
|
-
|
-
|
1.000.000
|
JUMLAH TOTAL BIAYA PRODUKSI
|
1.079.800.000
|
6.3
biaya tak terduga
Apa
Maksud dan arti kata Biaya Tak Terduga itu? Pengertian serta definisi Biaya Tak
Terduga menurut kamus bahasa Indonesia (KBBI) maknanya adalah sebagai berikut.
Arti Kata Biaya Tak Terduga adalah : biaya cadangan yang disediakan untuk pengeluaran yang di luar perencanaan (tidak diperkirakan) dan biasanya diambil 20% dari modal jadi:
Arti Kata Biaya Tak Terduga adalah : biaya cadangan yang disediakan untuk pengeluaran yang di luar perencanaan (tidak diperkirakan) dan biasanya diambil 20% dari modal jadi:
Modal
awal x 20% = biaya tak terduga
1.167.200.000
X 20% = 233.440.000,00
6.4 Sumber Pembiayaan
Proyeksi investasi yang diperlukan
(Kebutuhan Modal disertai perhitungannya)
·
Modal Sendiri Rp. 1.100.000.000,00
·
Modal kredit bank Rp. 60.000.000,00
·
Investor Rp. 7.200.000
Total Rp.
1.167.200.000,00
6.5
Sumber pendapatan
Sumber dari biaya pendapat:
Penjualan : Rp. 1.200.000.000
iklan : Rp. 24.650.000
hasil kerjasama : Rp. 150.000.000
iklan : Rp. 24.650.000
hasil kerjasama : Rp. 150.000.000
Total : Rp. 1.374.650.000,00
VII sirkulasi
dan distribusi
Pengiriman
dan penyebaran akan di lakukan di beberapa kota besar dan beberapa kota yang di
anggap strategis. Contoh perincian target penjualan sebagai berikut:
DKI Jakarta : 20%
DI Jogja : 10%
Surabaya : 15%
Bali : 10%
Ambon : 7%
Papua : 8%
Semarang : 5%
Bandung : 5%
Padang : 5%
Aceh : 5%
Banjarmasin : 10%
DI Jogja : 10%
Surabaya : 15%
Bali : 10%
Ambon : 7%
Papua : 8%
Semarang : 5%
Bandung : 5%
Padang : 5%
Aceh : 5%
Banjarmasin : 10%
Total : 100%
VIII segmentasi,positioning,
targeting, diferensiasi
Produk :
eagle news
Segmentasi:
Eagel news dengan lambang burung garuda melambangkan ke gagahan, kekuatan dan keberanian di tambah dengan tagline Informatif dan kreatif dan di dukung isi berita yg terkinian/uptodate membuat media cetak ini diperuntukkan bagi orang-orang yang membutuhkan berita aktual.
Eagel news dengan lambang burung garuda melambangkan ke gagahan, kekuatan dan keberanian di tambah dengan tagline Informatif dan kreatif dan di dukung isi berita yg terkinian/uptodate membuat media cetak ini diperuntukkan bagi orang-orang yang membutuhkan berita aktual.
Targeting:
target dari pasar Eagel adalah masyarakat ekonomi kebawah karena harganya yang ekonomis dan terjangkau dan lebih di kususkan bagi remaja di karenakan isi dari berita lebih ke kinian dan berkaitan erat dengan dunia remaja
target dari pasar Eagel adalah masyarakat ekonomi kebawah karena harganya yang ekonomis dan terjangkau dan lebih di kususkan bagi remaja di karenakan isi dari berita lebih ke kinian dan berkaitan erat dengan dunia remaja
Positioning:
berita yang di berikan eagle sangatlah aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak wartawan-wartawan dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan. Cara product positioning yang dilakukan pemasar di dalam memasarkan Eagle news adalah:
1.penentuan posisi dalam kebutuhan masyarakat
2.penentuan posisi menurut berita teraktual
berita yang di berikan eagle sangatlah aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak wartawan-wartawan dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan. Cara product positioning yang dilakukan pemasar di dalam memasarkan Eagle news adalah:
1.penentuan posisi dalam kebutuhan masyarakat
2.penentuan posisi menurut berita teraktual
Diferensiasi:
seperti yang di jelaskan di atas bahwa Eagle News memiliki berita yang lebih aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak orang-orang Eagle dalam mencari berita dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan.
seperti yang di jelaskan di atas bahwa Eagle News memiliki berita yang lebih aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak orang-orang Eagle dalam mencari berita dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan.
IX Badan hukum dan managemen perusahaan
Berikut
adalah badan hukum yang menaungi PT Eagle News Media:
Berdasarkan Pasal
1 angka 1 UU Pers, pengertian
dari Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan
kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan,
mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar,
suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan
menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis uraian yang
tersedia.
Lebih jauh dalam Pasal 1 angka 2 UU Pers disebutkan
pengertian dari Perusahaan Pers
adalah badan hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha pers
meliputi perusahaan media cetak, media elektronik, dan kantor berita, serta
perusahaan media lainnya yang secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan, dan
menyalurkan informasi.
Ketentuan bahwa perusahaan pers harus berbentuk
badan hukum ini ditegaskan dalam Pasal
9 ayat (2) UU Pers bahwa setiap
Perusahaan Pers harus berbentuk badan hukum Indonesia
X Penutup
Semua rencana perusahaan yang telah
kamirancang bertujuan untuk pembangunan ekonomi indonesia dengan mencetak
pedua/pemudi yang kreatif yang akan mampu menyediakan jutaan lapangan pekerjaan.
Media cetak Eagle akan menyediakan konten berisi tentang pendidikan karakter
Entrepreneurship.
Tugas menejemen media masa proposal bisnis media cetak
4/
5
Oleh
fuadi