Monday, May 2, 2016

Ragam Bimbingan Menurut Masalah



Dilihat dari masalah individu , ada 4 jenis bimbingan yaitu:
a.       Bimbingan Akademik
Yaitu bimbingan yang diarahkan untuk membantu para individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah akademik. Yang tergolong masalah-masalah akademik yaitu: pengenalan kurikulum, pemilihan jurusan/konsentrasi, cara belajar, penyelesaian tugas-tugas dan latihan, pencarian dan penggunaan sumber belajar, perencanaan pendidikan lanjutan, dan lain-lain.
b.      Bimbingan Sosial – Pribadi
Merupakan bimbingan untuk membantu para individu dalam memecahkan masalah-masalah sosial-pribadi. Yang tergolong dalam maslah-masalah sosial-pribadi adalah masaalah hubungan dengan sesama teman, dengan dosen, serta staf, pemahaman sifat dan kemampuan diri, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat tempat mereka tinggal, dan penyelesaian konflik.
c.       Bimbingan Karir
Yaitu bimbingan untuk membantu individu dalam perencanaan, pengembangan dan pemecahan masaalah-masaalah karir seperti: pemahaman terhadap jabatan dan tugas-tugas kerja, pemahaman kondisi dan kemampuan diri, pemahaman kondisi liingkungan, perencanaan dan pengembangan karir, penyesuaian pekerjaan dan pemecahan  masalah-masalah karir yang dihadapi.
d.      Bimbingan Keluarga
Merupakan upaya pemberian bantuan kepada para individu ebagai pemimpin/anggota keluarga agar ereka mampu menciptakan keluaArga yang utuh dan harmonis, memberdayakan diri secara produktif, dapat menciptakan dan menyesuaikan diri dengan norma keluarga, serta berperan aktif dalam mencapai kehidupan keluargayang bahagia.


Artikel Terkait

Ragam Bimbingan Menurut Masalah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email