Monday, May 2, 2016

Jenis-jenis Bimbingan


Berdasarkan ciri bidang-bidang masalah seperti tersebut, maka menurut
jenisnya bimbingan dapat dibedakan menjadi sebagai berikut :
1.      Bimbingan Pendidikan
Bimbingan pendidikan adalah usaha bimbingan yang ditujukan kepada siswa untuk mengatasi kesulitan dalam bidang pendidikan. Bentuk bimbingan pendidikan ini misalnya menyediakan informasi mengenai jurusan, infomasi mengenai kelanjutan studi, menyelenggarakan layanan orientasi kepada siswa baru, dan sebagainya.
1.      Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar adalah usaha bimbingan kepada siswa untuk mengatasi kesulitan dalam bidang belajar.. bentuk bimbingan belaja misalnya membentuk kelompok belajar, memberikan informasi tentang cara belajar yang baik, memberi nformasi tentang cara mengatur jadwal belajar, cara memusatkan perhatian dalam belajar, memberikan informasi tentang pola belajar, dan sebagainya.
2.      Bimbingan Pribadi (Personal Guidance)
Bimbingan pribadi adalah usaha bimbingan yang ditujkan kepada siswa dalam usahanya mengatasi kesulitan pribadi. Bentuk bimbingan ini misalnya memberikan konseling, role playing, psikodrama, informasi cara bergaul, dan sebagainya.
3.      Bimbingan Sosial
Bimbingan sosial adalah usaha bimbingan yang bertujuan membantu siswa mengatasi kesulitannya dalam bidang sosial. Bentuk bimbingan ini misalnya informasi cara berorganisasi, cara bergaul agar disenangi kelompok, cara-cara mendapatkan biaya sekolah tanpa harus mengorbankan belajar, dan sebagainya.
4.      Bimbingan Pekerjaan
Bimbingan pekerjaan adalah usaha bimbingan dalam membantu siswa untuk mengatasi kesulitan dalam bidang pekerjaan. Bentuk bimbingan ini misalnya memberikan inormasi mengenai pekerjaan, cara memilih dan menentukan pekerjaan, dan sebagainya.
5.      Bimbingan Dalam Penggunaan Waktu Luang
Jenis bimbingan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mengisi waktu langnya dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Karena biasanya dalam keadaan ‘nganggur’ anak akn berpikir hal-hal negatif. Karena itu, sebaiknya waktu senggang tersebut di isi dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya berternak, berkemah, dan sebagainya


Artikel Terkait

Jenis-jenis Bimbingan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email