Monday, May 2, 2016

LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELINGUNTUK SISWA DISEKOLAH

Oleh : Hamdan Rifay
Heon adalah siswa kelas XI di sekolah .............., heon merupakan salah satu muridyang dibanggakan oleh para guru dan teman-temannya karena prestasinyayang mengagumkan, baik dalam akademik maupun non akademik (organisasi ekstrakurikuler).Pujian dan simpati masyarakat sekolah membuat Heon merasa bahwa hanya Heonlah yang paling pandai diantara teman-temannya yang lain, terlebih hal itu hingga membuat Heonmenjadi seseorang yang suka membangkang kepada kedua orang tuanya, tidak mau membantuorang tuanya , Heon menganggap tanpa orang tua ia dapat menjadi orang yang dibanggakanatau diandalkan orang lain.apa langkah saudara menanggapi permasalahan tersebut?, jelaskan!Menurut Saya,
I.IDENTIFIKASI KASUS
Dalam hal ini saya mempelajari dan mencari sebab-sebab yang kemungkinan menjadi latar  belakang kasus.
 Dugaan sementara dari opini masyarakat sekolah yang berkembang ;
“Kepandaian dan prestasi heron yang menjadi kebanggaan para guru dan teman-temannya membuat Heronmerasa paling pandai dari teman-temannya yang kemudian juga menimbulkan sifat membangkang kepada orang tuanya (karena sudah menemukan “kemandirian” menurut konsepnya) .”
II.HIMPUNAN DATA
Himpunan data dilakukan dalam rangka mencari bukti-bukti administrasi yangmenguatkan bahwa Heron merupakan murid yang berprestasi di sekolah (seperti yangdiungkapkan pada opini masyarakat sekolah). yang dilakukan antaralain :
1.
 Pengamatan terhadap raport dan laporan hasil evaluasi kegiatan belajar siswa
, dengan tujuanuntuk melihat grafik perkembangan prestasi akademiknya.
2.
 Pengamatan terhadap data induk dan kartu pribadi,
antara lain;
(1).gunauntuk melihat data yang tertulis mengenai latar belakang keluarganya?
, dengan tujuan untuk mengetahui kondisikeluarga secara sosial dan ekonomi, juga untuk mengetahui kedudukan anak atau status heron didalam keluarga (sebagai anak tunggal/ anak sulung/anak bungsu).
(2). melihat data yang tertulismengenai rentangan kecerdasan dari tes khusus psikologi (IQ/EQ/AQ/SQ)?,
dengan tujuanuntuk mengetahui rentang kecerdasan psikologisnya, minat, emosi dsb.
(3). melihat data yang tertulis mengenai minat dan rencana karirnya dimasa depan?,
yaitu untuk mengetahui minatkhusus dan rencana karirnya dimasa depan, dari sini saya ingin mempelajari bahwa adakahkemungkinan dari minat dan cita-citanya yang tinggi sebagai obsesi dan ambisiusmenyasehingga harga dirinya begitu tinggi (sombong/ambisiusme/sok hebat/irrational believe).
III.APLIKASI INSTRUMENTASIA.Wawancara
Wawancara dimaksudkan untuk mencari keterangan atau informasi mengenai subyek yang ingin kita ketahui/ teliti. wawancarayang dilakukan antara lain :
1.Wawancara terhadap Pembina organisasi ekstrakurikuler
(Konselor langsung datang menemui yang dimaksud),
tujuannya adalah untuk mengetahui perkembangan prestasi Heron pada bidangorganisasi yang diikutinya. Jenis wawancaraadalah
wawancara terbuka
dengan mendorongsubyek untuk menceritakan banyak hal mengenai sosok Heon diorganisasi dan prestasinya.Contoh wawancara terbuka :
 Konselor ; “Bapak, perkenalkan saya adalah guru BK disekolah ini, nama saya Hamdan,kedatangan saya kesini untuk mengetahui perkembangan anak-anak yang berada diekskul ini dibawah asuhan bapak, khususnya untuk heron saya ingin meminta informasi lebih dalamkarena ini langsung berkaitan pada tugas saya sebagai pembimbing untuk membantu heron padaperkembangan dirinya,untuk itu apakah bapak bersedia/ berkenan untuk sayawawancarai?”  Bapak Pembina ; “Oh ya, silakan pak jika keterangan saya ini dapat membantu bapak untuk memenuhi tugas bapak sebagai pembimbing disekolah ini..”

 Konselor ; “Ya, mula-mula saya mendapat laporan dari teman-teman dekat heron (yang mengajukan kasus ke saya) bahwa akhir-akhir ini ia terkesan agak sombong sampai-sampai membangkang kepada orang tuanya di rumah, dugaan sementara saya adalah pengaruh prestasi yang membuat harga dirinya menjadi tinggi (sok hebat/ sombong) sehingga iabelakudemikian kepada orang tuanya..” “nah.., khususnya diorganisasi yang bapak asuh ini bagaimanakah sosok Heron danhubungan pergaulannya dengan bapak juga anak-anak disini?, penghargaan-penghargaandan prestasi apa sajakah yang didapatkan heron selama berada diorganisasi ini?”  Dst.. dst..2.Wawancara terhadap wali kelas dan teman-teman dekat Heron,
wawancara dilakukan dalamrangka mencari keterangan mengenaiperubahan sikap dan prilaku heron akhir-akhir ini.
wawancara bersifat terbuka
dengan mendorong subyek (wali kelas/ teman-teman Heron) untuk menceritakan banyak hal mengenai sosok Heron dimata mereka dan prestasinya.
IV.HOME VISIT (Kunjunganrumah)
Home visit dilakukan dalam rangka untuk mencari keterangan atau informasi terhadapdiri klien yang sedang konselor tangani. Tahapan itu antara lain :1.Mengajukan surat Pemberitahuan Kunjungan Rumah kepada wali murid (orang tua Heron). Surat pemberitahuan kunjungan rumah berisikan tentang maksud-maksud kedatangan dan tujuankunjungan yang akan dilakukan.2.Mengajukan Surat Tugas Kunjungan Rumah, ditujukan pada wali kelas yang ditugaskanmelakukan pencarian informasi pada kunjungan rumah.
Wawancara terhadap orang tua Heron
, tujuannya adalah untuk mengetahui latar  belakang Si kasus (Heron) didalam rumah tinggal, paling tidak adalah informasi-informasi perubahan prilaku yang ditunjukkan heron belakangan ini ketika berada bersama keluarganya.Jenis wawancara adalah wawancara tertutup (terpedoman/ terpandu sesuai kebutuhan data yangdibutuhkan konselor). Jenis pertanyaan wawancara, antara lain (dalam format 5W + 1H) :1.Apa aktifitas yang paling disukai Heron ketika berada dirumah?2.Kapan saja (diwaktu apa saja) ketika heron berada dirumah?
https://www.scribd.com/doc/252284103/Contoh-Kasus-Dalam-Layanan-Bimbingan-Dan-Konseling-Untuk-Siswa-Disekolah


Artikel Terkait

LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELINGUNTUK SISWA DISEKOLAH
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email