Contoh Silabus
SILABUS MATA
PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK/SMA
Kelas: X
Alokasi
waktu: 76 jp
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
2.1 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
1.1 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Fungsi Sosial
Mengenalkan,
menjalin hubungan interpersonal dengan teman dan guru
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Sebutan anggota keluarga
inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya; hobi, kebiasaan
- Verba: be, have, go, work,
live (dalam simple present tense)
- Subjek Pronoun: I, You, We,
They, He, She, It
- Kata ganti possessive my,
your, his, dsb.
- Kata tanya Who? Which? How?
Dst.
- Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
|
- Menyimak dan menirukan
beberapa contoh interaksi terkait jati diri dan hubungan keluarga, dengan
ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi
ungakapan-ungkapan penting dan perbedaan antara beberapa cara yang ada
- Menanyakan hal-hal yang
tidak diketahui atau yang berbeda.
- Mempelajari contoh teks
interaksi terkait jati diri dan hubungan keluarganya yang dipaparkan
figur-figur terkenal.
- Saling menyimak dan bertanya
jawab tentang jati diri masing-masing dengan teman-temannya
- Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajarnya
|
2.2 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap
(extended), serta menanggapinya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
1.2 Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan
ucapan selamat dan memuji bersayap (extended),
dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
·
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di
luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan memberikan ucapan
selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya
- Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Interaksi
antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan
ucapan selamat dan pujian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Menyimak dan menirukan
beberapa contoh percakapan mengucapkan selamat dan memuji bersayap (extended)
yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Bertanya jawab untuk
mengidentifikasi dan menyebutkan ungkapan pemberian selamat dan pujian serta
tambahannya, n mengidentifikasi persamaan dan perbedaannya
- Menentukan ungkapan yang
tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa
- Membiasakan menerapkan yang sedang
dipelajari dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di
luar kelas.
- Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajar
|
2.3 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/ kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan be going
to, would like to).
1.3 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
·
Fungsi Sosial
Menyatakan
rencana, menyarankan, dsb.
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan atau
di luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan pernyataan niat
yang sesuai, dengan modal be going to, would like to
- Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Interaksi antara guru dan peserta didik di
dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niat yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Mencermati beberapa contoh
interaksi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam/dengan
tampilan visual (gambar, video)
- Mengidentifikasi dengan
menyebutkan persamaan dan perbedaan dan dari contoh-contoh yang ada dalam
video tersebut, dilihat dari isi dan cara pengungkapannya
- Bertanya jawab tentang
pernyataan beberapa tokoh tentang rencana melakukan perbaikan
- Bermain game terkait dengan
niat mengatasi masalah
- Membiasakan menerapkan yang
sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di
dalam dan di luar kelas.
- Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajar.
|
2.4 Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan
bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
1.4 Teks deskriptif
1.4.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana
terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal.
1.4.2 Menyusun teks deskriptif
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan
bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
·
Fungsi Sosial
Membanggakan,
menjual, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb.
·
Struktur Teks
Dapat mencakup
- Identifikasi (nama
keseluruhan dan bagian)
- Sifat (ukuran, warna,
jumlah, bentuk, dsb.)
- Fungsi, manfaat, tindakan,
kebiasaan
·
Unsur kebahasaan
- Kosa kata dan istilah
terkait dengan tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
- Adverbia terkait sifat
seperti quite, very, extremely, dst.
- Kalimat dekalraif dan
interogatif dalam tense yang benar
- Nomina singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Deskripsi
tempat wisata dan bangunan bersejarah yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat di KI
|
-
Menyimak dan menirukan guru membacakan teks deskriptif sederhana tentang
tempat wisata dan/atau bangunan bersejarah terkenal dengan intonasi, ucapan,
dan tekanan kata yang benar.
-
Mencermati dan bertanya jawab tentang contoh menganalisis deskripsi
dengan alat seperti tabel, mind map, dan kemudian menerapkannya untuk
menganalisis beberapa deskripsi tempat wisata dan bangunan lain
-
Mencermati cara mempresentasikan hasil analisis secara lisan,
mempraktekkan di dalam kelompok masing-masing, dan kemudian mempresentasikan
di kelompok lain
-
Mengunjungi tempat wisata atau bangunan bersejarah untuk menghasilkan
teks deskriptif tentang tempat wisata atau bangunan bersejarah setempat.
-
Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca
(siswa lain, guru) yang datang membacanya
-
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
|
2.5 Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
1.5
Teks pemberitahuan (announcement)
4.5 1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement).
4.5.2 Menyusun
teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
|
·
Fungsi Sosial
Menjalin
hubungan interpersonal dan akademik antar peserta didik, guru, dan sekolah
·
Struktur Teks
-
Istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya
-
Informasi khas yang relevan
-
Gambar, hiasan, komposisi warna
·
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan dan kosa kata yang
lazim digunakan dalam announcement
(pemberitahuan)
- Nomina singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Pemberitahuan
kegiatan, kejadian yang dapat menumbuhkan menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
·
Multimedia
Layout
dan dekorasi yang membuat tampilan teks pemberitahuan lebih menarik.
|
-
Menyimak dan menirukan guru membacakan beberapa teks pemberitahuan (announcement) dengan intonasi, ucapan,
dan tekanan kata yang benar.
-
Bertanya dan mempertanyakan tentang persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya
-
Mencermati dan bertanya jawab tentang contoh menganalisis deskripsi
dengan alat seperti tabel dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis
beberapa teks pemberitahuan lain
-
Membuat teks pemberitahuan (announcement)
untuk kelas atau teman
-
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
|
2.6 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/
tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense).
1.6 Menyusun teks interaksi
transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/
kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya
dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
·
Fungsi Sosial
Menjelaskan,
mendeskripsikan, menyangkal, menanyakan, dsb.
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di
luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Kalimat deklaratif dan
interogative dalam simple past tense, present perfect tense.
- Adverbial dengan since, ago,
now; klause dan adveribial penunjuk waktu
- Nomina singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Kegiatan,
tindakan, kejadian, peristiwa yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di
KI
|
-
Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan terkait dengan
intonasi, ucapan dan tekanan kata yang tepat
-
Guru mendiktekan percakapan tersebut dan peserta didik menuliskannya
dalam buku catatannya untuk kemudian bertanya jawab terkait perbedaan dan
persamaan makna kalimat-kalimat yang menggunakan kedua tense tersebut
-
Membaca beberapa teks pendek yang menggunakan kedua tense tersebut, dan
menggunakan beberapa kalimat-kalimat di dalamnya untuk melengkapi teks
rumpang pada beberapa teks terkait.
-
Mencermati beberapa kalimat rumpang untuk menentukan tense yang tepat
untuk kata kerja yang diberikan dalam kurung
-
Diberikan suatu kasus, peserta didik membuat satu teks pendek dengan
menerapkan kedua tense tersebut
-
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
|
2.7 Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya.
1.7 Teks recount – peristiwa bersejarah
1.7.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks recount lisan
dan tulis terkait peristiwa bersejarah.
1.7.2 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
·
Fungsi Sosial
Melaporkan, menceritakan,
berbagi pengalaman, mengambil teladan, membanggakan
·
Struktur Teks
Dapat
mencakup:
- orientasi
- urutan kejadian/kegiatan
- orientasi ulang
·
Unsur Kebahasaan
- Kalimat deklaratif dan
interogatif dalam simple past, past continuous, present perfect, dan lainnya
yang diperlukan
- Adverbia penghubung waktu:
first, then, after that, before, when, at last, finally, dsb.
- Adverbia dan frasa
preposisional penujuk waktu
- Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Peristiwa bersejarah yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Menyimak guru membacakan
peristiwa bersejarah, menirukan bagian demi bagian dengan ucapan dan temakan
kata yang benar, dan bertanya jawab tentang isi teks
- Menyalin teks tsb dalam buku
teks masing-masing mengikuti seorang siswa yang menuliskan di papan tulis,
sambil bertanya jawab terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dalam teks
- Mencermati analisis terhadap
fungsi sosial, rangkaian tindakan dan kejadian dengan menggunakan alat
seperti tabel, bagan, dan kemudian mengerjakan hal sama dengan teks tentang
peristiwa bersejarah lainnya
- Mengumpulkan informasi untuk
menguraikan peristiwa bersejarah di Indonesia
- Menempelkan karyanya di
dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang
datang membacanya
- Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajar.
|
2.8 Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
1.8 Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
naratif, lisan dan tulis sederhana
terkait legenda rakyat.
|
·
Fungsi Sosial
Mendapat hiburan, menghibur,
mengajarkan nilai-nilai luhur, mengambil teladan
·
Struktur Teks
Dapat mencakup:
- Orientasi
- Komplikasi
- Resolusi
- Orientasi ulang
·
Unsur Kebahasaan
- Kalimat-kalimat dalam simple
past tense, past continuous, dan lainnya yang relevan
- Kosa kata: terkait karakter,
watak, dan setting dalam legenda
- Adverbia penghubung dan
penujuk waktu
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Cerita legenda yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
-
Menyimak guru membacakan legenda, sambil dilibatkan dalam tanya jawab
tentang isinya
-
Didiktekan guru menuliskan legenda tersebut dalam buku catatan
masing-masing, sambil bertanya jawab terkait fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang ada
-
Dalam kelompok masing-masing berlatih membacakan legenda tsb dengan
intonasi, ucapan dan tekanan kata yang benar, dengan saling mengoreksi
-
Membaca satu legenda lain, bertanya jawab tentang isinya, dan kemudian
mengidentifikasi kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda yang
ditanyakan
-
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
|
2.9 Menafsirkan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.
1.9 Menangkap makna terkait
fungsi sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.
|
· Fungsi
sosial
Mengembangkan
nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
· Unsur
kebahasaan
- Kosa kata dan tata bahasa
dalam lirik lagu
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
-
Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan
-
Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda
-
Mengambil teladan dari pesan-pesan dalam lagu
-
Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu
-
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
Contoh SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK/SMA
4/
5
Oleh
fuadi